Matahari yang Memberikan Keberuntungan

Menyambut bulan ujian nasional, errol pun mengangkat tema mengenai ujian di minggu ini. Salah satu admin errol juga ikut meramaikannya. Yapp, entah karena sudah lama terlena akan dunia kerjaan atau apa, dunia yang sepertinya selalu statis karena masih di titik yang sama walaupun sebenarnya begitu banyak proses di dalamnya. Ketika dihadang ujian pastinya akan ada perasaan gugup dalam diri ini. Namun ujian kali ini sebenarnya adalah pilihan. Sedang mencoba untuk merubah jalan ke depannya namun harus fokus akan prosesnya saat ini.

Sebelum menentukan tanggal ujian, ada begitu banyak pertimbangan. Sementara waktu terus berjalan. Semakin terdesak semakin cepat keputusan harus dibuat. Sampai akhirnya tanggal ujian ditetapkan dan banyak persiapan yang harus dilakukan khususnya latihan. Dengan latihan akan membuatmu terbiasa. Ingin rasanya segera menyelesaikan ujian itu. Di sisi lain, khawatir juga waktu berlalu dengan cepat karena merasa belum ahli. Bagiku, semakin cepat semakin bagus. Banyak to-do list yang akhirnya harus di-pending dulu. Waktunya menyusun kembali prioritas yang ada.

Begitu banyak tips yang tersedia untuk menghadapi ujian itu, namun rasanya seperti teori. Apakah harus sering ujian untuk mengalahkan kegugupan ini? Tidak juga, dengan persiapan matang dan latihan yang dilakukan, sedikit banyak akan membantu. Sesekali cobalah untuk tersenyum untuk mencairkan ketegangan yang ada. Waktunya belajar maka belajarlah, sesekali berikan penghargaan atas usaha yang telah kamu lakukan, bersantailah sebentar.

Seperti ajaran sederhana dari Ajahn, ketika kamu mengangkat gelas berisi air dalam 1 menit maka kamu akan merasa enteng. Dalam beberapa menit ke depan, kamu akan mulai merasa kesakitan dan tanganmu mulai kesemutan. Apa yang harus kamu lakukan? Mengapa tidak coba kamu letakkan sebentar gelas itu dari genggamanmu? Maka ketika kamu mengangkatnya kembali, kamu akan merasa lebih mudah untuk beberapa menit ke depannya.

Dan saatnya menanti hasil. Hasil jelek akan membuatmu untuk mengetahui kesalahanmu dan belajarlah darinya. Hasil bagus janganlah membuatmu bangga hingga lupa akan daratan. Peruntungan juga turut andil untuk hasilnya. Biarlah bunga matahari ini memberikan sinar keberuntungannya.

Advertisements

One thought on “Matahari yang Memberikan Keberuntungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s